Daftar Isi

Pilates, Trik Baru Dapatkan Tubuh Indah



Bekerja di depan komputer, duduk membungkuk. Menyetir mobil, duduk membungkuk. Saat santai, duduk membungkuk. Hati-hati, jika dibiarkan, ini berbahaya bagi kesehatan.

Ini terkonfirmasi oleh hasil penelitian, di antaranya dari University of Leeds, Inggris, yang membuktikan bahwa sikap tubuh akan memengaruhi kesehatan. Tekanan darah tinggi misalnya, tidak hanya dipicu karena faktor usia, kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, dan diabetes tipe 2, namun bisa juga disebabkan oleh sikap tubuh yang buruk. Hal ini terjadi karena ada hubungan antara otot leher dan otak yang membantu mengatur tekanan darah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaiki sikap tubuh menjadi lebih baik. Salah satu yang direkomendasikan adalah dengan pilates. Bagaimana cara pilates memperbaiki postur tubuh dan berapa lama latihan untuk bisa mencapainya?

Lisa Namuri, instruktur yoga para selebritas, membenarkan bahwa pilates bermanfaat untuk membentuk sikap tubuh menjadi lebih baik dan memperbaiki postur. Kata dia, otot tubuh bagian tengah yaitu perut dan panggul merupakan fokus utama latihan pilates.

“Joseph Hubert Pilates, sang penemu, meyakini bahwa bagian tubuh tengah merupakan pusat kekuatan tubuh yang mempengaruhi stabilitas tubuh,” kata instruktur yang sudah memiliki sertifikasi instruktur pilates internasional ini.

Jika kondisi bagian tubuh tengah lemah, akan berpengaruh pada posisi tulang belakang, yang menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah. Posisi tulang belakang inilah yang berpengaruh pada sikap tubuh atau postur.

Lisa yang kini berdomisili di Brisbane, Australia, dan kerap pulang ke Tanah Air untuk melatih klien, menjelaskan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan postur tubuh yang baik berbeda untuk masing-masing individu. Semua itu tergantung pada postur awal dan respon tubuh saat berlatih pilates.

Selain itu, dia mengingatkan, pilates merupakan latihan yang membutuhkan hubungan sinkron antara pikiran tubuh (mind and body connection). “Saat berlatih, kita harus benar-benar mengetahui urutan dan tujuan sebuah gerakan,” jelas wanita yang juga aktif sebagai pembicara seminar dan workshop ini.

Menurut dia, setiap gerakan harus dilakukan dengan fokus dan tepat. Serta jangan lupa, diiringi cara bernapas yang benar.

Saat ini, Lisa mengakui bahwa tingkat pemahaman tiap individu terhadap prinsip pilates berbeda-beda. Oleh karena itu, hasil dari latihan pilates pun akan bervariasi. Padahal dia meyakini, seandainya latihan pilates dilakukan secara benar, teratur dan konsisten, hasilnya akan memuaskan.

“Pada umumnya setelah 30 kali sesi latihan (1 jam setiap latihan), seseorang akan mendapatkan postur tubuh yang ideal,” jelas Atlet Junior Sofbol Nasional tahun 1997-1998 ini.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top