Daftar Isi

Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat



Menjaga payudara agar tetap sehat bukanlah hal sulit. Asalkan Anda menerapkan pola hidup sehat secara disiplin. Ini dia delapan cara menjaga kesehatan dan keindahan payudara yang mudah dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dikutip dari Health 24.

1. Makan yang Sehat
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Buah dan sayur berwarna kuning atau oranye kaya akan beta-karoten, antioksidan yang diyakini bisa menurunkan risiko kanker payudara. Beberapa makanan lain seperti flax seed, walnut, cranberry dan makanan mengandung asam lemak omega-3 juga terbukti efektif. Konsumsi juga makanan yang mengandung magnesium untuk mencegah pembengkakan pada payudara saat PMS.

2. Cek Ukuran Bra
Sebanyak 70 persen wanita diketahui memakai ukuran bra yang salah. Tidak hanya memicu masalah pada kesehatan seperti postur yang kurang sempurna, iritasi kulit dan kesulitan bernapas. Memakai bra yang salah juga bisa merusak ikatan sendi pada payudara, membuat payudara terasa sakit dan kendur. Perlu diketahui, ukuran payudara bisa berubah seiring bertambahnya usia. Beberapa faktor yang memengaruhi diantaranya perubahan berat badan, kehamilan atau menopause. Pastikan Anda memakai ukuran bra yang tepat sehingga bisa menopang payudara dengan maksimal.

3. Rutin Olahraga
Olahraga atau beraktivitas fisik selama empat jam atau lebih dalam seminggu bisa mencegah payudara mengendur dan memperindah tampilan payudara Anda. Lakukan latihan yang fokus pada otot dada seperti push-up dan angkat beban agar payudara kencang, terangkat dan bentuknya lebih bagus.

4. Sadari (periksa payudara sendiri) Secara Rutin
Menurut survei yang dilakukan Breakthrough Breast Cancer, hanya 35 persen wanita yang rutin memeriksa payudaranya sendiri untuk mengetahui adanya tanda-tanda kanker. Kanker payudara adalah penyebab kematian nomor satu pada wanita dan jika lebih awal terdiagnosa, harapan hidup akan lebih besar. Idealnya, pengecekan payudara dilakukan sebulan sekali untuk melihat adanya perubahan pada ukuran, bentuk dan tekstur kulit. Jika tidak yakin bagaimana cara sadari yang benar, konsultasikan dengan dokter.

5. Stop Merokok
Merokok adalah sumber datangnya berbagai penyakit, termasuk kanker payudara. Studi yang dilakukan di California Department of Health Services menemukan bahwa wanita yang merokok berisiko 30 persen lebih tinggi terkena kanker payudara ketimbang yang tidak. Dalam penelitian lainnya, dikemukakan juga bahwa efek negatif merokok bersifat kumulatif. Semakin lama merokok, akan makin banyak penyakit kronis yang menempel di tubuh Anda.

6. Oleskan Sunscreen
Tidak hanya kulit yang terekspos matahari, kulit di sekitar dada dan payudara juga perlu dioleskan sunscreen. Paparan sinar UV bisa membuat kulit tipis di sekitar dada rentan terbakar, mengalami penuaan dini hingga kanker kulit. Aplikasikan losion tabir surya dengan SPF 30 setiap kali bepergian agar kulit tetap halus dan sehat.

7. Kenakan Sports Bra
Saat olahraga atau fitnes, payudara akan berguncang mengikuti gerakan tubuh. Beraktivitas fisik tanpa menggunakan pakaian dalam yang tepat akan membuat payudara terasa sakit dan tidak nyaman, khususnya yang memiliki ukuran payudara besar. Guncangan juga bisa merusak jaringan pengikat sendi di payudara rusak sehingga membuat bentuknya seperti menggelayut dan kendur. Maka dari itu, selalu gunakan sports bra setiap kali berolahraga untuk meminimalisir pergerakan pada payudara.

8. Perbaiki Postur Tubuh
Jika ingin payudara tampak terangkat, perbaiki postur tubuh Anda. Baik pada saat berdiri, berjalan maupun duduk. Otot dada akan kehilangan fleksibilitasnya apabila bahu Anda membungkuk, sehingga mengakibatkan payudara terlihat kender. Cobalah beberapa latihan untuk membuat postur tubuh lebih tegak dan sempurna seperti yoga, Pilates atau Tai Chi.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top