Daftar Isi

Mengapa Banyak Pria Suka Menutup Diri?



Mengapa para pria suka menutup diri? Bagaimana cara membuat mereka terbuka dan mau berbicara? Kami berbicara dengan para ahli:

Perasaannya juga penting
"Perasaan kami sama pentingnya dengan perasaan Anda. Kami menutup diri jika kami merasa diabaikan atau kegiatan Anda lebih penting daripada kami." —Chris, (38), Rochester, NY

Buat agar dia terbuka
"Arti perasaan berbeda pada pria dan wanita. Pria sering mengungkapkannya dengan tindakan, wanita dengan perkataan," kata Dr Pollack. "Itu hanyalah masalah menerjemahkan satu bahasa ke bahasa yang lain. Cobalah mengatakan, “Aku benar-benar minta maaf. Aku tahu bahwa perasaan kamu penting, tapi aku belum mengerti benar tentang perasaanmu. Dapatkah kamu membantuku memahaminya?”

Utarakan secara langsung kemauan Anda
"Terkadang istri saya menginginkan sesuatu, namun menghindari masalah tersebut dan menggunakan petunjuk halus bukannya langsung, dan itu membuat saya tidak mengetahui apa yang ia inginkan. Kemudian berubah menjadi konflik karena akhirnya ia tidak mendapatkan apa yang ia butuhkan, dan saya merasa tidak melakukan sesuatu dengan benar. Saya menutup diri ketika merasa dia tidak sepenuhnya jujur dan mengatakan secara langsung tanpa bertele-tele." —Joe, 42, San Francisco, CA

Buat agar dia terbuka
Meskipun Anda mungkin berpikir, "Mengapa kamu tidak peka?! Aku mengatakan cukup jelas," cobalah mengatakan, "Oh, aku pikir aku sudah mengatakannya dengan jelas. Aku tidak mencoba untuk tidak mengatakannya secara langsung, aku hanya tidak ingin mendiktemu tentang apa yang harus kamu lakukan. Beri tahu bagian mana kamu merasa aku tidak mengatakannya secara langsung."

Menanyakan situasi konkret akan membantu Anda membuat perubahan dalam pendekatan Anda nantinya.

Memberikan suasana romantis
"Pria ingin memberikan romansa, tapi kami juga ingin romansa dan kejutan. Jika saya merasa hanya saya saja yang romantis dalam suatu hubungan, maka saya merasa lelah, menutup diri, dan tidak ingin melakukan apa-apa, sama sekali." —Aaron, 42, Liverpool, NY

Buat agar dia terbuka
"Banyak pria mengeluh mereka adalah satu-satunya pihak yang berperan dalam hubungan, dan sepertinya pria ingin agar wanita sesekali juga melakukan inisiatif," kata Dr. Pollack.

Ketika pasangan Anda menarik diri, Anda mungkin tidak merasa romantis, tapi untuk menjaganya agar tetap bersama Anda, katakanlah, "Sayang, aku merasa kita menjauh belakangan ini. Kenapa kita bisa tidak dekat sekarang?" Dia mungkin akan mengatakan bahwa ia selalu menjadi pihak pertama yang ingin melakukan seks atau membawakan Anda bunga, ia pun ingin mendapatkan hal yang sama dari Anda. Mengetahui keinginannya akan mendorong dia untuk membuka hatinya.

Beri sedikit pujian
"Saya butuh pujian, dan ingin agar ia mengetahui bahwa dia bangga aku suaminya. Ketika dia memberi saya cinta itu, saya akan dengan mudah terbuka, tetapi jika saya tidak merasa ada loyalitas dan kebanggaan dalam hubungan kami, maka saya akan menutup diri secara emosional." —Rich, 39, Winter Haven, FL

Buat agar dia terbuka
"Ini adalah keluhan yang sering Anda dengar dari pria maupun wanita. Seperti wanita, pria tidak hanya perlu pujian, tetapi juga ingin mendengar bahwa wanita bangga dengan mereka dan sangat mencintai mereka," kata Dr. Pollack. Kekasih Anda mungkin tidak akan menyentuh bahu Anda dan mengatakan bahwa ia membutuhkan pujian dari Anda karena ia merasa terlalu malu untuk mengatakan itu.

"Tapi jika Anda bertanya kepadanya mengapa dia bersikap berbeda dan ia mengatakan bahwa ia ingin agar Anda mengatakan hal-hal yang baik padanya, maka Anda dapat berusaha untuk melakukannya lebih sering, dan Anda akan melihat bagaimana perubahan sikapnya."

Mendorongnya agar menjadi dirinya sendiri
"Sangat menyenangkan menjadi diri Anda 100 persen bersama istri Anda, untuk bisa menunjukkan sepenuhnya rapuh dan menunjukkan segalanya. Jika Anda merasa dihakimi, Anda akan menutup diri" —Khiel, 38, Marcellus, NY

Buat agar dia terbuka
"Pria dapat bersikap seolah dia kuat, tetapi sebenarnya tidak," kata Dr. Pollack. "Anda dapat berhenti dan berkata, 'Apakah ada sesuatu yang aku katakan yang membuat kamu menjauh?'" Kemudian pria dapat mengatakan, "Ketika aku berbicara tentang hal itu di tempat kerja, sepertinya kamu sedang mengkritik." Anda bisa menjawab, "Aku tidak bermaksud seperti itu. Jika kamu merasa aku bersikap menghakimi, tolong beritahu aku dan aku akan berhenti melakukan itu." Ketika ia tahu bahwa Anda bersedia untuk melakukan penyesuaian, pria akan cenderung lebih terbuka.

Memberinya waktu yang dibutuhkannya
"Istri saya memaksa saya untuk berbicara bahkan jika saya belum siap mengatakannya. Hal ini dapat menyebabkan kebencian. Dan saya merasa tidak nyambung. Lalu saya tidak mau membuka diri." —Mike, 37, New York, NY

Buat agar dia terbuka
Jika dia tidak siap untuk berbicara sesuatu, memaksanya berbicara akan berdampak buruk. "Anda tidak harus menunggu enam pekan untuk membahas masalah ini, namun memberikannya waktu satu jam atau bahkan setengah hari untuk menenangkan diri akan membuat percakapan Anda lebih produktif," kata Dr. Pollack.

Setelah dia sudah tenang, katakan padanya bahwa Anda sangat ingin mengatasi masalah tadi, sehingga Anda dapat bekerja sama dengannya menyelesaikan masalah tersebut. Jika ia masih bungkam, katakanlah, "Aku mengerti ini mungkin akan memakan waktu, tetapi kapan waktu yang tepat untuk membicarakan ini?" Hal tersebut akan memberikan kesempatan untuknya untuk memilih waktu dan tempat yang tepat menurutnya, yang berarti akan membuat dia merasa lebih terkendali dan cenderung untuk mengungkapkan perasaannya.

Ini adalah tentang memberi dan menerima
"Mungkin ini merupakan mekanisme pertahanan emosional, tetapi ketika hubungan kami mulai merasa terlalu berat sebelah, itu membuat saya cenderung menutup diri." —Dave, 40, Syracuse, NY

Buat agar dia terbuka
Cobalah mengatakan, "Kamu tampak menjauh. Ada apa?” Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda menyadari bahwa ia telah melewati masa bersamanya, dan memberinya kesempatan untuk menyatakan bahwa ia merasa disia-siakan. Daripada memberinya daftar dari semua hal yang Anda lakukan untuk mengurus rumah tangga dan keluarga, cobalah menanggapi perasaannya dengan mengatakan, "Bisakah kamu ceritakan ketika kamu merasa bahwa aku tidak memberikan apa yang kamu butuhkan?"

"Mengatakan hal tersebut tidak akan membuatnya menjadi defensif, dan membuatnya bicara tentang masalah itu, sehingga ia merasa bahwa Anda bagian dari tim lagi," kata Dr. Pollack.

Jangan mencoba mengubahnya
"Saya menutup diri ketika saya merasa dia ingin mengubah jati diri dan nilai-nilai inti saya. Saya membuka diri ketika saya merasa bahwa diri saya adalah alasan mengapa dia jatuh cinta dengan saya pada awal pertemuan." —Lawrence, 36, Baltimore, MD

Buat agar dia terbuka
"Cara terbaik untuk membuat seorang pria berubah adalah tidak dengan memintanya untuk berubah, tetapi katakanlah, saya menyukai kenyataan bahwa Anda melakukan ini dan ini — hal-hal yang menurut Anda merupakan nilai-nilai inti dari dirinya — dan kemudian menyebutkan sesuatu yang tidak dia lakukan, namun Anda ingin agar ia melakukannya tanpa langsung memintanya melakukannya," kata Dr. Pollack.

Jika ia menutup diri, maka Anda bisa mengatakan, "Aku suka pada apa yang biasanya kamu yang... (isi dengan sesuatu yang mencerminkan sikapnya), jadi mengapa kamu berhenti bersikap seperti itu?" Dia mungkin berkata, "Ya, kamu selalu ingin aku berhenti melakukan hal itu dan menjadi orang lain, dan Anda tidak menyukai saya apa adanya."

Anda dapat merespon, "Aku mencintaimu apa adanya, dan itulah hal yang paling penting buatku." Dengan mengatakan kepadanya apa yang Anda suka dan menghargainya, Anda akan membuatnya mengambil risiko dan mencoba sesuatu yang baru tanpa membuatnya menutup diri.

Kenali hal yang disukainya
"Saya menutup diri ketika saya merasa frustrasi, tidak peduli apa yang saya katakan, dia tidak akan melihat dari sudut pandang saya, dan ketika saya merasa bahwa jika saya terus berbicara, itu hanya akan memperburuk keadaan. Saya mundur untuk menghindari keburukan itu dan untuk menjaga agar percakapan tidak semakin memburuk." —Dan, 42, Newburyport, MA

Buat agar dia terbuka
Jika Anda mengalami pertengkaran dan suami Anda menarik diri, tunggu beberapa menit dan katakanlah, "Apa yang terjadi? Mengapa kamu berhenti bicara?" Jika ia tidak bisa menjelaskannya, lakukan kegiatan yang dia sukai bersama, dan di tengah-tengah kegiatan itu, katakanlah, "Mungkin maksud kamu dan aku sedikit berbeda, jadi mari kita bicarakan hal itu." Dia akan lebih terbuka terhadap sudut pandang lain ketika ia berada dalam kegiatan yang ia sukai, daripada duduk saja dan mengobrol.

Beri dia hal yang diinginkan dan dibutuhkannya
"Saya mulai menarik diri ketika saya tidak mendapatkan apa yang saya butuhkan bahkan setelah saya mengungkapkan padanya apa yang saya inginkan. Jika dia memberitahu saya apa yang dia inginkan dan butuhkan, saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk memberikan itu kepadanya, jadi saya ingin agar dia melakukan hal yang sama untuk saya." —Kyle, 34, Jersey City, NJ

Buat agar dia terbuka
"Pria mungkin berpikir bahwa mereka telah mengungkapkan apa yang mereka inginkan, tapi wanita mungkin tidak tahu karena pria berbicara dengan bahasa yang berbeda dari wanita," kata Dr. Pollack. "Pria lebih rapuh daripada yang ia ingin rasakan, jadi Anda harus menjangkau seluruhnya."
Jika ia mulai menarik diri, tanyakan apakah ada sesuatu yang ia inginkan, tetapi tidak ia dapatkan, dan biarkan dia tahu bahwa ia dapat memberitahu Anda apa yang dia inginkan. Dia akan menyadari bahwa alangkah baiknya jika ia mengungkapkan apa yang ia inginkan, daripada Anda mencoba membaca pikirannya, dan akhirnya Anda akan lebih mudah memahami, dan mampu memberikan lebih dari apa yang dia butuhkan tanpa harus ia katakan.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top