Daftar Isi

Tips Melakukan Presentasi Dengan Baik




Jika Anda adalah tipe orang yang mudah grogi dan takut untuk berbicara di depan orang banyak, tentunya melakukan presentasi di depan bos maupun kolega merupakan hal yang paling tidak disukai.

Padahal, kegiatan tersebut bukanlah hal yang sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa persiapan secara matang agar presentasi yang dilakukan berjalan dengan baik dan sukses. Berikut ini beberapa tips bermanfaat tentang cara mempersiapkan dan melakukan presentasi di tempat kerja, seperti dikutip dari Idiva.

1. Selesaikan Pekerjaan Anda Secepatnya
Jika memiliki pekerjaan yang menumpuk, sebaiknya segeralah diselesaikan. Jangan sampai menyelesaikannya saat berdekatan dengan hari H dimana Anda akan melakukan presentasi. Hal ini untuk menghindari aktivitas yang membuat Anda menjadi kewalahan. Sehingga nantinya Anda bisa lebih fokus untuk mempersiapkan materi yang mau dipresentasikan.

2. Jadilah Orang yang Terorganisir
Dapat mengatur waktu dengan baik, juga merupakan kunci sukses agar dapat menyiapkan materi presentasi secara sempurna. Pergunakanlah waktu Anda sekitar satu hingga lima jam untuk mempersiapkan materi presentasi, mulai dari pembuatan power point hingga cue card. Jangan lupa juga untuk menyimpan data-datanya dengan benar, baik itu disimpan di dalam cd, desktop laptop, mupun hard disk. Membuat hard copy juga penting. Jadi pastikanlah waktu yang ada dipergunakan dengan maksimal.

3. Gunakan Ilustrasi dan Grafik
Ilustrasi, gambar, grafik dan statistik lainnya dapat membantu melengkapi data Anda yang akan dipresentasikan. Banyak orang yang membuat power point presentasi dengan polos tanpa adanya gambar, ilustrasi, dan sebagainya. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa jenuh bagi pendengarnya. Jadi sebaiknya gunakanlah ide kreatif Anda untuk membuat power point presentasi secara atraktif.

4. Jadilah Orang yang Informatif
Banyak orang yang selalu bekerja keras mengumpulkan informasi berharga untuk membuat power point presentasi. Mereka percaya bahwa pendengar ingin mendengar semua informasi tersebut. Namun, sebaiknya Anda memilih informasi yang terbaik. Sehingga saat presentasi nanti Anda hanya menjelaskan materi yang penting.

5. Pastikan Informasi Tersampaikan dengan Baik
Saat melakukan presentasi, pastikan di setiap slide Anda menjelaskannya dengan benar. Jangan sampai ada informasi yang terlewatkan. Anda juga perlu memastikan bahwa cara Anda melakukan presentasi dapat menarik perhatian para audiens.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top