Daftar Isi

4 Tips Untuk Siapkan Hari Tua




Saat berusia 30 tahun, biasanya kita belum memikirkan untuk menyiapkan dana pensiun. Padahal, menyisihkan sebagian penghasilan untuk masa pensiun (pada usia 55 tahun atau 60 tahun) sangat penting dilakukan sejak dini. Salah satu alasannya, karena Anda harus mempersiapkan dana untuk kebutuhan pada tahap ketika Anda tidak lagi berada pada usia produktif. Dengan menyisihkan sedikit saja sebagian uang di usia 30-an, Anda dapat memenuhi kebutuhan untuk tetap dapat hidup layaknya di masa produktif. Berikut empat tips untuk menyimpan dana pensiun, seperti dikutip dari eHow.

1. Membuat Daftar Anggaran dan Mengendalikan Pengeluaran
Buatlah daftar anggaran untuk pengeluaran Anda beserta tagihan yang harus dibayar setiap bulan. Misalnya tagihan telepon, listrik, air, dan sebagainya. Kurangilah pengeluaran dan jangan biarkan Anda selalu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak begitu penting. Dengan menyisihkan uang setiap bulannya, maka dana yang Anda simpan akan berguna untuk masa pensiun nanti. 

2. Investasi
Menyimpan dana pensiun bisa juga dilakukan dengan berinvestasi. Namun Anda harus berani mengambil risiko yang kemungkinan akan didapat. Maka itu, tentukan terlebih dahulu apakah Anda siap dengan risiko yang lebih tinggi terkait dengan keuntungan yang lebih besar. Ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan bagian perencanaan keuangan agar bisa langsung direkomendasikan jenis produk investasi seperti apa yang cocok untuk Anda.

3. Meningkatkan Tabungan dari Waktu ke Waktu
Ketika Anda mendapatkan bonus atau uang lebih, alokasikan dana tersebut untuk tabungan pensiun Anda ketimbang membelanjakannya. Hal tersebut akan membantu Anda untuk memiliki hidup yang layak dan makmur saat masa pensiun Anda tiba.

4. Simpan Dana Anda di Tempat yang Bervariasi
Cobalah belajar diversifikasi dan realokasi, dua strategi investasi yang akan membantu simpanan uang Anda tumbuh seiring berjalannya waktu. Investasikan dalam produk-produk finansial yang bervariasi, ketimbang hanya satu jenis investasi saja. Misalnya reksa dana, deposito, asuransi, dan sebagainya. Setiap enam bulan, cek tabungan pensiun Anda untuk mengecek apakah ada penambahan yang cukup signifikan.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top