Daftar Isi

4 Proses Dramatis Penyelamatan Paus




Paus adalah binatang unik dan langka. Namun tak sedikit dari mereka yang terdampar atau terjerat jaring ikan nelayan. Untuk itu, upaya penyelamatan pun perlu dilakukan. 

Dari sekian banyak kisah penyelamatan paus, sedikitnya ada empat yang cukup terkenal. Sebagian kisah itu bahkan cukup mengharukan. Apa saja kisahnya?


Kisah 'Big Miracle' di Alaska
Upaya penyelamatan paus ini mungkin yang paling terkenal di dunia. Sebab sudah difilmkan dengan judul "Big Miracle' dengan pemeran utamanya Drew Barrymore.

Kisah berawal dari terjebaknya sekawanan paus abu-abu di tengah bongkahan es pada tahun 1988. Mereka tak bisa kembali ke lautan lepas karena terlalu jauh jaraknya. Upaya penyelamatan pun dilakukan dengan melibatkan semua pihak, mulai dari kalangan aktivis, tentara, hingga warga setempat yang awalnya dikenal sebagai pemburu paus.

Akhirnya, sebagian paus bisa diselematkan setelah mendapat bantuan kapal pemecah es. Para warga dan aktivis pun sempat membuat lubang yang berjarak dekat agar paus bisa bernafas.


Ucapan Terima kasih Dari Paus yang Diselamatkan

Sebuah paus abu-abu terjebak jerat jaring nelayan di perairan California. Selama 24 jam, para aktivis dan warga berusaha menyelamatkannya menggunakan alat seadanya.

Akhirnya, mamalia yang belakangan dinamai June itu bisa diselamatkan. Jerat yang sebelumnya menyangkut di ekor sang paus bisa dipotong.

Nah, ada yang menarik setelah paus itu diselamatkan. Tiba-tiba, dia mendekati para tim penyelamat dan muncul ke permukaan sambil membuka mulut. Tindakan ini dianggap oleh para penyelamat sebagai ucapan terima kasih.



Penyelamatan Bayi Paus di California
Pada tahun 1997, tim penyelamat paus mendapat telepon dari dinas kebakaran California bahwa ada bayi paus yang terdampar di dekat pelabuhan California. Upaya penyelamatan ini cukup dramatis, karena tim juga harus mencari sang induk paus agar dia bisa bertahan hidup.

Akhirnya,  sang induk tak bisa ditemukan. Tim kemudian memutuskan menangkap bayi paus yang belakangan dinamakan JJ itu, untuk kemudian dilepaskan ke laut lepas. JJ pun akhirnya berenang bebas.


Evakuasi Paus di Karawang

Ini adalah upaya penyelamatan paus besar-besaran pertama yang terjadi di Indonesia. Paus berjenis shark whale berbobot sekitar dua ton itu terdampar di  perairan dangkal di Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sejak Kamis kemarin.

Hingga pagi ini, tim evakuasi masih berusaha membawa paus ke laut lepas. Namun upaya itu masih belum berhasil. Tim masih butuh tambahan kapal dan peralatan. Sementara kondisi paus semakin melemah. Hanya mukjizat yang bisa menyelamatkan sang paus.

Warga menyemut di lokasi karena penasaran ingin menonton sejak kemarin. Kondisi ini sempat mengganggu upaya evakuasi.





  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top