Daftar Isi

Wah, Gaji Ratu Elizabeth Naik 540 Miliar Lho !!




Ratu Elizabeth punya alasan lain untuk terus tersenyum lebar di tahun Diamond Jubilee (perayaan 60 tahun bertahta) ini. Pasalnya, upah tahunan Ratu Elizabeth naik 20% menjadi 36 juta poundsterling (Rp 540 miliar).

Kepemilikan propertinya yang dikenal sebagai Crown Estate mencatat laba bersih tahunan yang berakhir Maret 2012 sebesar 240,2 juta poundsterling (Rp 3,55 triliun) atau naik 4%. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan tenant toko-toko di kawasan Regent Street dan distrik St James, London.

Ketika Inggris dilanda resesi dan banyak keluarga merasakan kenaikan biaya hidup dan pajak, gaji sang Ratu akan naik jadi 36 juta poundsterling dari 30 juta poundsterling, level yang dibekukan pada Oktober 2010 di bawah hukum baru yang mengatur upahnya untuk disesuaikan dengan profit estate.

“Ini merupakan serangkaian hasil yang baik dan saya yakin semua orang akan senang,” kata Chief Executive Crown Estate Alison Nimmo, dikutip dari Sydney Morning Herald (21/6/2012).

Ratu berusia 85 tahun ini baru saja merayakan 60 tahun tahtanya bulan ini dengan 1.000 armada kapal di sungai Thames London dan pesta-pesta di jalanan penjuru negeri. Selama ini bayaran Ratu Elizabeth berasal dari pembayar pajak melalui anggaran yang diatur oleh Parlemen dan persetujuan pemerintah lainnya sejak Raja George III menyerahkan semua profit propertinya ke Departemen Keuangan pada 1760.

Crown Estate membayarkan semua profitnya kepada Departemen Keuangan. Di bawah hukum baru yang efektif mulai 2013 – 2014, bayaran anggota kerajaan dihitung 15% dari profit Crown Estate dua tahun sebelumnya.

Perubahan ini dirancang untuk memastikan gaji sang Ratu akan naik atau turun mengikuti kesehatan perekonomian Inggris yang tahun ini memasuki resesi keduanya sejak permulaan krisis global. Gaji sang Ratu sebagian besar digunakan untuk membayar gaji staf istana dan hal-hal seperti laundry, alat-alat tulis dan keperluan tugas istana lainnya.

Upah Ratu untuk periode 2013 – 2014 merupakan yang tertinggi sejak 2008, meskipun masih kurang dari separuh upahnya pada 1991 yaitu 77,3 juta poundsterling.

Crown Estate memiliki beberapa lahan kincir angin, komplek ritel, properti di pusat London dan sebagian besar dasar lautan Inggris. Crown Estate berhasil melampaui indeks acuan Investment Property Databank (IPD) industri karena tingginya minat internasional terhadap properti London dan bertumbuhnya ketergantungan Inggris terhadap energi yang bisa diperbarui.

Nilai portfolio propertinya naik 7,4% menjadi 7,6 miliar poundsterling dibanding tahun lalu. Sementara total imbal balik yang meliputi pendapatan penyewaan naik 16,8% atau melampaui indeks IPD sebanyak 10,4% poin.

Proyeknya di London bernilai 500 juta poundsterling untuk regenerasi distrik St James, dimana mereka akan mengembangkan lokasi seluas 27.870 meter persegi yang terdiri dari toko-toko, perkantoran dan perumahan baru.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top