Daftar Isi

Cara Mengetahui Rambut Anda Sehat Atau Rusak




Rambut merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang sangat berharga. Agar tetap terlihat indah, 'mahkota' itu harus selalu terawat.  

Salah satu tantangan bagi wanita Indonesia adalah merawat rambut agar tetap indah dan sehat di iklim tropis yang cenderung lembap. Terkadang untuk merawatnya tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus ada perawatan khusus secara berkelanjutan agar hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Akan lebih mudah jika sebelum melakukan perawatan, Anda mengetahui secara pasti apakah rambut Anda sehat atau tidak. Seperti dilansir Cosmopolitan, ada beberapa cara untuk melihat tanda-tanda rambut yang sehat.

Secara kasat mata, rambut sehat untuk jenis ikal akan terlihat lebih mengembang. Bahkan tatanannya pun terlihat lebih rapi dan mudah untuk ditata. Sementara, rambut lurus yang sehat terlihat lebih jatuh dan berkilau.

Namun, jika masih sulit membedakan rambut sehat dan tidak melalui mata telanjang, ada beberapa teknik sederhana yang bisa dilakukan untuk memastikan kesehatan rambut Anda.

Ambil satu gelas air dan sehelai rambut lalu mulailah tes kesehatan rambut Anda. Rambut yang sehat akan mengapung di atas permukaan air ketika dicelupkan. Sebaliknya, bila sehelai rambut yang Anda celupkan itu tenggelam, artinya rambut tersebut tidak sehat. 

Hal ini dapat disebabkan kurangnya kandungan protein dalam rambut dan adanya kandungan kimiawi yang membuat rambut menjadi rusak. Salah satu hal yang menyebabkan kerusakan rambut itu adalah seringnya mengganti warna rambut.

Selain air, tepung terigu dan penjepit kertas (paperclip) juga bisa menjadi medium untuk mengetes kesehatan rambut. Caranya, selipkan paperclip di sela-sela rambut. Jika ketika ditarik penjepit kertas tersebut bisa meluncur dengan lancar, bisa disimpulkan rambut Anda sehat. Namun, jika tersendat-sendat, berarti ada masalah dengan rambut Anda.

Sementara, untuk pengujian menggunakan tepung terigu, cukup ambil satu helai rambut Anda dan masukkan ke dalam tepung tersebut. Jika ketika rambut diangkat tepung terigu dengan mudah lepas kembali, berarti rambut Anda sehat. Tapi, jika masih ada tepung yang menempel, tandanya rambut Anda rusak. Tepung akan menempel di kutikula rambut telah mengalami kerusakan.

Jika sudah mengetahui kondisi rambut Anda, maka perawatan yang tepat bisa mulai Anda lakukan. 
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top