Daftar Isi

Bumbu Saus Pasta Nikmat yang Tersajikan di Restoran Italia




Tahukah Anda, mengapa menikmati sepiring pasta di restoran terasa lebih nikmat dibandingkan dengan buatan sendiri? Bisa dikatakan pasta merupakan bahan instant yang dapat diolah dalam berbagai bentuk. Bukan di tangan handal saja yang membuat cita rasanya lezat, tetapi variasi saus yang ditawarkan.

Seringkali, saat membuatnya di rumah Anda hanya menggunakan saus tomat dengan panduan bawang bombay dan daging cincang, biasa dikenal dengan saus bolognaise. Entah karena bahannya yang mudah di cari atau memang mudah ada yang menjualnya dalam kemasan. Inilah yang memicu rasa bosan saat menikmati pasta di rumah.

Tidak sulit untuk mencoba resep saus pasta di rumah. Ada lima jenis saus pasta yang biasa disajikan di hotel dan restoran Italia, penasaran?

1. Marinara

Saus ini merupakan saus paling umum dan mudah dibuat. Saus berbahan dasar tomat ini sangat pas dinikmati untuk para vegetarian. Murni tanpa daging dan hanya dibuat dari tomat asli, bawang Bombay, bawang putih, peterseli, oregano dan lada, Tetapi di beberapa tempat, ada juga yang mengkombinasikannya dengan anggur putih.

2. Carbonara

Kalau Anda salah satu pecinta saus creamy, carbonara adalah pilihan yang tepat. Tidak sulit untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan susu, telur keju domba, irisan daging bacon, dan lada hitam. Anda hanya cukup mencampur dan memasaknya hingga mengental. Mau rasa lebih nikmat, beri taburan keju dan perteseli.

 3. Alfredo

Pada dasarnya, saus ini tak jauh berbeda dengan saus carbonara. Nama Alfredo dibuat karena saus ini pertama kali dibuat oleh seseorang yang bernama Alfredo. Yang membedakan saus ini dengan saus krim lainnya adalah tekstur yang lebih kental, rasa lebihcreamy dan rasa keju yang kental.

4. Pesto

Dilihat dari warna, saus pesto memah lebih unik dibandingkan saus lainnya. Saus ini memiliki warna hijau muda, karena terbuat dari campuran daun basil, pine nut, bawang putih, garam dan lada yang dihaluskan secara bersamaan.

5. Aglio Olio

Dalam bahasa Italia, Aglio berarti ‘bawang putih’ dan Olio berarti ‘minyak zaitun’. Jenis saus pasta ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia dimana-mana dan harganya pun cukup murah.

Saus Aglio Olio paling sering digunakan untuk spaghetti. Saus ini dibuat dengan mencampurkan bawang putih yang dicincang halus dengan minyak zaitun, terkadang ditambahkan cabai kering untuk menambahkan rasa pedas. Anda juga dapat menambahkan petterseli dan keju parmesan sebagai pelengkap.
Jadi, saus mana yang akan Anda pilih untuk sajian pasta di rumah?
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top