Daftar Isi

Unik gan, Orangutan Pake Ipad Buat Komunikasi



Ternyata tidak hanya manusia saja yang keranjingan menggunakan gadget tablet buatan Apple, orangutan di kebun binatang Miami ini juga menggunakan iPad untuk berkomunikasi.
Kebun binatang Miami, Jungle Island, penanganan interaksi dengan orangutan menggunakan iPad.
Orangutan menggunakan iPad ini untuk mengidentifikasi barang yang mereka kenal dan mengekspresikan keinginan dan kebutuhannya.
Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan perangkat lunak yang dirancang untuk anak-anak autis yang menampilkan berbagai gambar obyek di layar 9,7 inci milik iPad ini.
“Kami meminta mereka untuk mengidentifikasi benda, ‘mana gambar kacang?’. Dan mereka akan menunjukannya.”
“Kami ingin membangun dari semua itu dan memberikan pilihan pada mereka tentang apa yang mereka miliki unruk makan. Dengan menunjukan gambar dari makanan yang ada pada hari itu, dan membiarkan memilih,” kata Linda Jacobs, pengawas program Jungle Island.
Orangutan sangat cerdas namun tidak memiliki kotak suara dan pita suara yang menyebabkan mereka sulit berkomunikasi. Selama ini penjaga kebun binatang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan orangutan.
Kehadiran iPad memberikan orangutan alternatif lain untuk berkomunikasi dengan manusia serta memberikan mereka stimulasi mental dan memberikan mereka yang tidak tahu bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia.
6 ekor orangutan di kebun binatang Miami yaitu Connie (35 tahun), Sinbad (33 tahun), hannah (14 tahun), Jake (12 tahun) dan si kembar berumur 8 tahun, Peanut dan Pumpkin.
Seperti yang dikutip dari Wired, awalnya pelatih hanya memamerkan iPad pada orangutan dan kemudian mendorong mereka untuk menyentuh iPad tanpa keluar dari kandangnya.
“Mereka benar-benar cerdas, diluar dugaan saya dan saya pikir tidak ada batas untuk mereka bisa belajar. Ini adalah pengembangan teknologi untuk membuatnya mungkin,” tambah Linda Jacob.
Karena rasa ingin tahu dan kukunya yang kuat, membuat orang utan ini sulit untuk memegang iPad, sehingga pelatihlah yang memegang iPad dari luar kandan gan membiarkan orangutan tersebut mempelajari bagaimana iPad bekerja.
Di masa depan, Linda Jacobs berharap untuk bisa membuat video converence, sehingga orangutan dapat bertemu dan berinteraksi dengan rekannya di kebun binatang lain di seluruh dunia.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top