Daftar Isi

Microsoft Pamerkan Meja Komunikasi Masa Depan



Pernahkah Anda membayangkan bermain catur dengan rekan Anda yang berada di lokasi yang berbeda namun permainan dilakukan secara face to face seolah-olah Anda bertemu dengan rekan? Hal ini akan terwujud dengan MirageTable.
Baru-baru ini raksasa perangkat lunak asal Redmond ini memamerkan MirageTable, sebuah teknologi yang memungkinkan 2 pengguna di lokasi berbeda melakukan komunikasi dan bekerja sama dalam kegiatan di meja seperti berbagi benda.
Seperti yang dikutip dari BBC, meja futuristik bernama MirageTable ini dipamerkan Microsoft di ajang konferensi di Austin, Texas.
Para peneliti MirageTable ini mengatakan bahwa MirageTable mampu menipu mata agar dapat menggunakan seamless 3D shared task space -sebuah ruang kerja virtual 3 dimensi.
MirageTable menggunakan proyektor video 3D dan selembar kertas melengkung untuk menampilakan gambar yang ditempatkan didepan pengguna.
Setiap ujung terdapat sensor kamera Microsoft Kinect yang digunakan untuk melacak arah pandangan pengguna serta menangkap bentuk tampilan dari obyek yang ditempatkan di permukaan dimana pengguna duduk dibelakang obyek tersebut.
Cara kerja
Pengguna juga harus menggunakan kacamata 3D untuk melihat gambar yang diproyeksikan dalam bentuk 3 dimensi. MirageTable juga membutuhkan 2 komputer yang terhubung satu sama lain melalui jaringan.
“Dalam sistem kami, pengguna dapat memegang obyek virtual, memindahkannya atau merobohkkannya. Karena semua benda-benda virtual dan benda nyata berpartisipasi dalam simulasi fisika dunia nyata.”
“Manfaatnya, pengguna tidak hanya berbagi benda 3D virtual satu sama lain, tapi juga dapat bekerja sama membagi tugas melalui meja yang ada di depan mereka (MirageTable),” kata seorang peneliti.
Menurut laporan penelitian, MirageTable juga mampu menghadirkan pengalaman bermain game single player dengan lebih nyata, bahkan MirageTable ini mampu mengahadirkan game bowling virtual dengan lebih nyata.
Namun para peneliti juga mengakui bahwa proyek MirageTable ini masih jauh dari sempurna, namun tim Peneliti terus bekerja keras agar MirageTable ini mampu mengatasi segala kekurangan dan keterbatasan.
Penasaran? Simak video berikut.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top