Daftar Isi

Hati - Hati Serangan Virus dan Malware Tahun Ini


Virus dan malware tidak asing lagi khususnya bagi anda yang menggunakan komputer, sering berselancar ria di dunia maya, maupun anda yang menggunakan perangkat mobile terkini seperti smartphone dan tablet. Meski kerap mengganggu dan bahkan merusak, keberadaan virus dan malware tidak bisa dinafikan begitu saja mengingat eksistensinya yang terus bertahan tanpa mengenal zaman. Kecanggihan dan kemampuan virus dan malware pun terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi yang juga terus berkembang secara sporadis. Tak hanya merusak data-data pada komputer anda, virus dan malware bahkan telah sampai pada tahap kemampuan pencurian data pribadi sehingga benar-benar telah menjelma menjadi bahaya yang menakutkan bagi para pengguna komputer dan perangkat mobile.

Memasuki tahun baru 2012, ancaman-ancaman yang dihadirkan virus dan malware juga tak kunjung redup. Bahkan varian-varian virus dan malware yang lahir pada tahun 2012 telah memiliki daya rusak yang diprediksi lebih berbahaya dibandingkan dengan virus dan malware yang hilir mudik sepanjang tahun 2011 lalu. Diprediksi basis penyebaran virus dan malware melalui jejaring sosial tetap menjadi media empuk dikarenakan seluruh layanan yang tersebar di internet hampir seluruhnya mendukung konektifitas dengan jejaring sosial. Bahkan jejaring sosial tak hanya terkenal sebagai media penyebaran virus dan malware yang ampuh, spam dan teknik phising yang digunakan para hacker pun banyak yang menggunakan media jejaring sosial ini. Tak hanya jejaring sosial, perangkat mobile dengan sistem operasi open source seperti Android pun diprediksi akan menjadi media selanjutnya bagi penyebaran serangan-serangan cyber yang mencakup virus dan malware. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat pasar perangkat mobile berbasis android yang tengah melejit di berbagai belahan dunia manapun. Efek yang ditimbulkan pada perangkat mobile pun diperkirakan akan lebih dahsyat daripada efek yang ditimbulkan pada komputer pribadi dikarenakan ketiadaan patch dan update sehingga membuat penanganan yang diperlukan perangkat mobile relatif lebih lama. Akan tetapi, ini tidak berarti ancaman pada komputer cenderung menurun. Komputer pribadi maupun komputer jinjing (laptop) diprediksi tetap menjadi sasaran utama bagi perkembangan virus dan malware.

Kehadiran virus dan malware berbahaya pada tahun 2012 ini pun tentu saja diiringi dengan inovasi-inovasi dan metode-metode yang ditawarkan para pengembang antivirus. Keberadaan antivirus yang juga menjamur pun memberikan pilihan bagi kita sebagai media proteksi terdepan pada komputer dalam menangkal virus dan malware yang datang mengancam. Kabar baiknya lagi, kini telah banyak dirilis antivirus bagi perangkat mobile khususnya bagi perangkat mobile berbasis android. Meskipun demikian, kewaspadaan amat diperlukan untuk meminimalisir potensi ancaman yang dapat menghinggapi komputer dan perangkat mobile kita. Tidak sembarangan mengunjungi link pada jejaring sosial serta rajin melakukan update antivirus secara berkala merupakan tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk menangkal ancaman virus dan malware yang akan berkeliaran di tahun 2012 ini.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top