Daftar Isi

Ajarkan Kewirausahaan, Dorong Kreativitas Siswa SMK



MALANG – SMKN 8 Malang kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap siswa-siswa sekolah kejuruan se-Kota Malang. Rabu (23/11) kemarin, sekolah yang terletak di sekitar terminal Arjosari ini mengadakan seminar kewirausahaan yang diikuti guru dan siswa dari 20 sekolah kejuruan Kota Malang. 

Acara yang diselenggarakan di aula utama SMKN 8 Malang sejak pagi kemarin bekerjasama dengan provider seluler Axis dan lembaga bimbingan wirausaha Tamaganda Entrepreneur Consultant. Dalam seminar ini, para peserta diberi materi-materi dan dorongan untuk menjalani kegiatan wirausaha kreatif. 

Staf Tamaganda Entrepreneur Consultant, Wiwit Tri Kusumawati menerangkan, SMKN 8 Malang memang memiliki inisiatif untuk mengadakan pembelajaran tentang kewirausahaan karena ingin menambah nilai jual lulusan-lulusan sekolah kejuruan yang bakal bekerja setelah lulus. ”Mereka kami motivasi agar bisa menjadi entrepreneur setelah lulus,” ungkap Wiwit kepada Malang Post. Ia menegaskan, SMKN 8 Malang juga sengaja mengundang para guru sekolah karena mereka berperan penting dalam mengarahkan arah pekerjaan siswa-siswanya setelah lulus. 

Pasalnya, tanpa kerjasama yang baik dari guru sekolah kejuruan, anak didik tak akan mendapatkan pondasi yang kuat untuk memulai profesi sebagai wirausahawan. Menurut Wiwit, guru juga diberi materi kewirausahaan karena biasanya merekalah yang menjadi jujugan murid ketika berdiskusi tentang pekerjaan yang bakal dijalani oleh anak didik. “Masalahnya tak setiap anak bakal bekerja di instansi pemerintahan atau melanjutkan kuliah,” paparnya. Wiwit melanjutkan, materi entrepreneur ini juga bakal berguna ketika siswa harus menjalani pekerjaan yang ternyata tak sesuai dengan jurusan. Ia memisalkan, seorang siswa jurusan Multi Media tetap harus memiliki kemampuan berbisnis ketika ternyata pekerjaan yang bisa digelutinya adalah bisnis penjualan buah. 

Seminar yang berlangsung selama dua hari, mulai kemarin dan berakhir hari ini dibimbing oleh Drs. Mariyadiono, kepala Tamaganda Entrepreneur Consultant yang berpusat di Pasuruan. Pria berkacamata ini mengajarkan beberapa materi penting tentang menjadi wirausahawan. Kemarin, didepan puluhan guru dan siswa kejuruan se-Kota Malang, Mariyadiono memberikan seminar tentang wirausaha sebagai suatu pilihan serta bagaimana mencari dan memanfaatkan peluang usaha. Wiwit membeberkan, hari ini, pria berkulit sawo matang tersebut bakal memberi materi tentang cara mengelola usaha agar tetap bertahan dan berkembang serta belajar dari kegagalan dan pengalaman. “Karena itu besok (hari ini) akan banyak testimoni dari mereka yang pernah gagal dan lambat laun sukses sebagai wirausahawan,” tutup wanita bertubuh subur ini.
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments

 
© 2012 Investigasi Berita | Berita Unik, Lucu dan Menarik
Develop by Aaz
Back to top